Tuesday 12 January 2016

Membuat Antena 3G/EVDO sederhana

MEMBUAT ANTENA MODEM EVDO/3G

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Berikut ini akan saya ulas mengenai cara membuat antena penguat CDMA GSM 3G Sistem Induksi. Ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA GSM GPRS 3G tetapi yang akan saya sharing kali ini adalah bagaimana cara membuat Antena Yagi  GSM CDMA 3G Sistem Induksi. Berdasarkan pengalaman yang saya pernah alami antena ini cocok bagi modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Antena ini saya buat beberapa tahun yang lalu untuk saya gunakan sendiri dan beberapa teman yang bertempat tinggal di daerah yang sulit mendapatkan sinyal EVDO atau 3G. Dalam kasus ini yang saya gunakan adalah Modem Smartfren EVDO.
Bahan-bahan yang diperlukan cukup murah dan mudah didapat di sekitar kita. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena EVDO / 3G Sistem Induksi :
  1. Pipa paralon diameter 1/2" panjang 50 cm berfungsi sebagai Boom
  2. Pipa alumunium kecil diameter 0,8 mm kira-kira 1 meter. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi.  Anda dapat membelinya di toko aluminium
  3. Sambungan paralon 1/2"
  4. Kabel Coaxial RG-58 kira-kira 10-m s/d 15-m. Di toko listrik banyak gan, harganya sedikit mahal sih tapi kualitasnya bagus, minim hambatan dan awet untuk peranti outdoor.
  5. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM
  6. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga
  7. Pensil bekas, kayu atau bambu 
  8. Sekrup kecil
  9. Knee paralon 1/2
  10. Lem Bakar secukupnya
Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya agan bisa simak langkah-langkah berikutnya. Yang jelas untuk membuat Antena EVDO/3G,  agan membutuhkan peralatan berupa Solder, Gergaji Besi, Tang dan peralatan penunjang lainnya.
Berikut Dokumentasi Antena EVDO / 3G berdasarkan pengalaman yang saya :
Skema pembuatannya adalah sebagai berikut :
Selanjutnya siapkan bahan-bahan kemudian potong sesuai ukuran :
 
Untuk melubangi paralon gunakan solder sesuai dengan diameter kemudian masukkan, setelah pas ditengah perkuat dengan lem bakar.

Sambungan paralon digunakan sebagai tempat bertemunya kabel dengan pipa aluminium yang digunakan untuk fokus signal. Sambungan kabel berada di dalam sambungan paralon agar nantinya tidak terkena air pada waktu hujan.

Untuk menyambungkan pipa aluminium gunakan pensil bekas atau buat dari kayu atau bambu. jarak sambungan 1 cm, ujung kabel kemudian di sekrup pada masing-masing pipa seperti gambar di atas. jangan lupa ujung pipa ditutup pakai lep bakar atau gabus supaya air tidak masuk ke dalam pipa pada waktu hujan.



Kemudian rangkai seperti pada gambar.
Selanjutnya membuat elemen induksi untuk modemnya. Penampakan seperti gambar di bawah ini.

Kawat email kita buat lilitan 3-4 kali lilitan pada modem kemudian kedua ujung disolder ke kabel RG-58.
Setelah selesai mari kita pasang antenanya.


Kemudian kita coba menggunakan Modem. modem yang saya gunakan kali ini kebetulan modem dengan signal EVDO. pada awalnya sinyal cuma 1 bar dan kadang-kadang hilang, koneksi putus nyambung gaes. Setelah menggunakan sinyal penampakan seperti di bawah ini :




Kegagalan adalah bukti kita sudah mencoba. Jadi jangan takut gagal yang penting dicoba dulu. Sekian tutorial dari saya. Semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

3 comments:

  1. Thank's infonya gan...
    Akan saya coba...

    ReplyDelete
  2. Itu buat frekuensi 900mhz bisa ga gan

    ReplyDelete
  3. induksi bawaeh kbl serabutnya gimana itu gan nempel kawat

    ReplyDelete